BMT Mitra Amanah
Melayani dengan Syariah

DASAR PENYELENGGARAAN TABUNGAN QURBAN

Qurban merupakan salah satu perintah Allah kepada umat islam, seperti yang tertulis dalam Al Qur’an Surat Al Kautsar Ayat 2. Perintah Qurban pertama kali ditunjukan kepada nabi Ibrohim AS, ketika itu beliau diperintahkan oleh Allah SWT melalui mimpi untuk menyembelih putra beliau yaitu nabi Ismail AS. Qurban merupakan sebuah simbol Pembuktian ketaatan seseorang terhadap Allah Swt , seperti apa yang telah dilakukan oleh nabi Ibrohim AS ketika mengikhlaskan putranya, Nabi Ismail AS untuk disembelih atas perintah Allah Swt. Namun kemudian Allah SWT menggantikannya dengan seekor domba. Sekalian itu dalam pelaksanaan Qurban juga terkandung nilai kepedulian sosial terhadap sesama manusia.

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk melaksanakan Qurban, mungkin hanya mereka yang memiliki rizqi lebih yang diberikan oleh Allah SWT.  Namun demikian kita tidak begitu saja membiarkan diri kita tidak ikut bagian dalam melaksanakan perintah tersebut.  Banyak cara bagi kita untuk bisa melaksanakan Qurban meskipun kita hanya memilik rizqi yang tidak berlebih, salah satu caranya yaitu bisa dengan menabung. Berdasarkan alasan tersebut maka kami ingin ikut mewujudkan harapan orang-orang yang mungkin memiliki keinginan melaksanakan Qurban, dengan jalan membuka tabungan Qurban.

NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini diberi nama “TABUNGAN QURBAN YAUMIL ” BMT MITRA AMANAH.

TUJUAN

Melayani dan memberikan kemudahan kepada umat muslim yang memiliki keinginan untuk melakukan qurban namun terhambat dengan tingginya harga hewan qurban. Dengan menyisihkan sebagian pendapatannya lebih awal dalam setiap bulan, diharapkan dapat lebih meringankan saudara – saudara kita untuk melaksanakan niat berqurban.

KONSEP KERJA

Peserta yang berminat mengikuti tabungan qurban menentukan jenis binatang qurban yang diniatkan untuk diqurbankan pada hari raya idul adha yang ditentukan oleh calon peserta. Besaran tabungan yang disetorkan setiap bulan bersifat tetap dan besarannya ditentukan pada saat mendaftar mengikuti program. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir sebagaimana terdapat pada lampiran 3. Harga yang tercantum dalam formulir pendaftaran merupakan harga perkiraan untuk tahun qurban saat mendaftar, karenanya pada akhir periode tabungan atau pada hari raya idul adha yang telah ditentukan ada kemungkinan tabungan tersebut kurang atau bahkan lebih untuk pelaksanaan ibadah qurban.  Pada saat pendaftaran terdapat 2 (dua) jenis hewan qurban yaitu kambing dan sapi yang dapat dipilih sebagai rencana hewan qurban. Hewan qurban berupa kambing hanya dapat di kurbankan oleh satu orang, sedangkan sapi dapat diqurbankan secara berkelompok dengan jumlah anggota perkelompok sebanyak 7 (tujuh) orang peserta.

Pengelompokan ini dapat dibentuk oleh peserta atau panitia yang akan mengumpulkan beberapa peserta kedalam satu kelompok yang dilakukan pada saat menjelang Hari Raya Idul Adha. Namun Jika hewan qurban berupa kambing maka peserta tidak perlu repot dengan upaya pengumpulan orang untuk menjadi sebuah kelompok.

Dua minggu sebelum hari raya Qurban, peserta dapat mengambil tabungannya untuk dibelikan hewan qurban dan disalurkan sendiri.  Hal ini memberikan kebebasan bagi peserta untuk menentukan tempat penyembelihan atau pendistribusian daging qurban sesuai dengan pilihan peserta. Bagi peserta yang tidak ingin repot dengan pembelian, penyembelihan dan distribusi daging qurban, panitia dapat membantu melakukan pembelian, penyembelihan dan distribusi daging qurban dengan atau tanpa kerjasama dengan organisasi lain. Meski demikian peserta tetap mendapatkan hak atas satu per tiga daging qurban.

Demi ketertiban dan kenyamanan peserta dalam mengikuti program tabungan qurban, setiap kegiatan atau hubungan antara peserta dengan panitia dalam kaitannya dengan kegiatan tabungan qurban akan dibuat dokumen tertulis yang dibuat dalam rangkap secukupnya, setiap stakeholder memegang satu salinan sebagai pegangan.  Formulir pendaftaran merupakan salah satu syarat yang harus diisi oleh setiap peserta yang hendak mengikuti program tabungan qurban. Formulir pendaftaran tersebut dibuat dalam rangkap 2 (dua), lembar biru di pegang oleh peserta dan  lembar putih dipegang oleh panitia.

Bagi peserta yang menghendaki penyertaan tabungan dengan cara pemotongan gaji secara langsung, maka peserta diharuskan membuat surat kuasa kepada petugas. Surat tersebut dibuat dalam rangkap 3 (tiga). Lembar satu dipegang peserta, lembar dua untuk panitia dan lembar tiga dipegang oleh petugas yang melakukan pemotongan.

Setiap menjelang hari raya idul adha atau pelaksanaan qurban, panitia memberikan informasi kepada peserta dalam bentuk surat yang isinya terdiri dari :

  • Jumlah Tabungan.
  • Harga hewan qurban yang berlaku sesuai pilihan waktu mendaftar.
  • Kekurangan/kelebihan tabungan  akan dikembalikan.
  • Permintaan konfirmasi pelaksanaan qurban.

Berdasarkan surat tersebut peserta diharapkan segera menghubungi peserta untuk memberikan informasi yang diperlukan sehubungan dengan rencana pelaksanaan qurban.

Pada tahap awal, tabungan Qurban akan dimulai pada Bulan November 2014. Untuk ketertiban dan kelancaran program, kami telah membuat ketentuan yang harus dipatuhi oleh para peserta sebagaimana yang telah kami jelaskan dalam proposal ini.